BENTUK
Bentuk
dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk dibagi
menjadi bentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra), masing-masing bentuk
mempunyai arti tersendiri, juga tergantung kepada budaya yang membentuknya.
Contohnya bagi agama Kristen segitiga dapat melambangkan trinitas, sedangkan di
Mesir dapat diartikan feminimitas (kewanitaan). Dalam desain, bentuk tidak
hanya mendefinisikan sebuah obyek tetapi juga bisa mengkomunikasikan sebuah
gagasan.
Secara
umum bentuk dua dimensi dibagi 3 macam:
Ø
Bentuk geometris, bentuk yang sangat umum dan
terstruktur (kotak, segi tiga, lingkaran, dan banyak lainnya).
Ø
Bentuk natural, yaitu bentuk hewan, tumbuhan dan
manusia yang merupakan bentuk-bentuk yang tidak beraturan dan mudah berubah.
Ø
Bentuk abstrak, yaitu bentuk natural yang
disederhanakan, misalkan symbol pada fasilitas orang cacat, dan sebagainya.
Bentuk
Dasar Dua Dimensi dan Variasinya:
Ø
Segi tiga sama sisi, segi tiga siku-siku, segi
tiga sama kaki. Memberi arti energi, kekuatan, keseimbangan, hukum. ilmu pasti,
agama, referensi untuk perasaan maskulin (kekuatan, agresi, dan pergerakan yang
dinamis).
Ø
Segi empat (kotak / bujur sangkar), kotak tumpul,
jajaran genjang, trapesium, bintang segi empat. Memberi arti keteraturan, logis
dan aman. Kotak juga memberi dasar 3 dimensi yang berarti berat, massa dan kepadatan.
Ø
Segi lima.
Ø
Segi enam.
Ø
Segi delapan.
Ø
Baling-baling, baling-baling segi banyak
Ø
Lingkaran, elips, setengah lingkaran, juring (pie).
Ø
Bintang segi 3, 4, 5, 6, 8.
Aplikasi
bentuk 2D:
Ø
Memotong (crop) gambar dengan suatu cara tertentu
yang menarik
Ø
Menyimbolkan sebuah ide
Ø
Membuat format baru (kombinasi)
Ø
Memperjelas informasi
Ø
Membentuk huruf.
Metode
Kombinasi bentuk 2D:
Ø
Penambahan / penggabungan (ADDITION / UNION / WELD),
Ø
Pengurangan (SUBTRACTION),
Ø
Perpotongan (INTERSECTION).
Bentuk
Dasar Tiga Dimensi dan Variasinya:
Ø
Box (Boks)
Ø
Ball (Bola)
Ø
Cone (Kerucut / Tirus)
Ø
Cylinder (Silinder / Tabung)
Ø
Tube / Pipe (Pipa)
Ø
Doughnut (Donat
/ Torus)
Ø
Pyramid (Piramid)
Ø Knot
(Karet simpul)
Ø
Rounded Box (Kotak Tumpul)
Ø
Capsule (Kapsul)
Ø
Spring (Per)
GAMBAR
/ ILUSTRASI
Metode
Gambar :Manual (Hand Writing / Gambar Tangan) atau Komputerisasi
(Computerized)
Ø
Manual
Hand writing / gambar tangan dapat dilakukan
dengan alat grafis seperti pensil, air brush, kuas, cat, spidol dan sebagainya.
Untuk dipindahkan dalam format digital dapat menggunakan scanner, atau
foto digital.
Ø
Komputerisasi
Gambar dengan berbantuan teknologi komputer
dikenal dengan istilah Computer Aided Drawing (CAD). Dibagi menjadi dua jenis,
berbasis vektor dan berbasis bitmap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar